Kenapa Toyota Innova Diesel Lebih Baik?

Kenapa Toyota Innova Diesel Lebih Baik

Bukan hal baru ketika membahas mengenai Toyota Kijang Innova sebagai salah satu jenis kendaraan paling laris di Indonesia. Tipe ini, selalu ramai diburu masyarakat karena memiliki performa mesin andal, kapasitas besar sebagai kendaraan operasional sehingga sulit ditemui bertengger lama di showroom.

Berbeda dengan tipe bensin yang dengan produsen sama, tipe ini dianggap lebih boros dan tidak ekonomis. Selera masyarakat yang mematok harga sebagai penilaian awal tentu berpengaruh. Lalu, apa saja keunggulan dari harga Innova diesel? Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Konsumsi Bahan Bakar Fleksibel

Mungkin banyak dari Anda yang tau, jika tipe diesel sangat fleksibel soal BBM bahkan dengan kualitas rendah sekalipun. Jika menilik sejarahnya, diesel Innova tak bisa dilepaskan dari kehadiran Isuzu Panther khusus bahan bakar solar yang lebih murah dan disukai oleh konsumen. Namun memang, konsekuensi dari solar berkualitas rendah memang tak maksimal.

Di saat bersamaan, injektor bisa kotor lebih cepat sehingga tenaga mesin akan terus berkurang. Jika Anda terbiasa menggunakan solar biasa tak masalah, namun perlu dipahami jika pergantian filter bahan bakar juga bakal lebih sering. Misal saja, konsumsi biasa 20.000 km namun dengan ini harus diganti 10.000 km.

Supaya lebih aman, filter solar juga ada baiknya bukan hanya satu namun pasang filter solar tambahan seumpama pompa menggunakan filter bawaan pada mobil. Penambahan tersebut juga mesti diikuti dengan penambahan pompa listrik agar meringankan kinerja pompa pada bahan bakar asli.

2. Spare Part Lebih Mudah

Terdapat dua generasi Innova dengan dua tipe mesin yang berbeda. Generasi pertama, umumnya digunakan pada mesin 2 KD-FTV atau juga bisa disebut D-4D. Beda halnya dengan generasi kedua pada 2015 yang sudah menggunakan 2GD-FTV. Kendati berbeda generasi namun keduanya dikenal cukup bandel. Perawatannya pun terbilang mudah, berbeda dibanding bengkel pada umumnya.

Lantaran populasinya yang kian besar, wajar saja jika spare part Innova mudah ditemui di pasarnya. Terlebih saat ini banyak after market dengan variasi kualitas. Misal saja, pada filter harga antara Rp 30 sampai Rp 60 ribu, filter mulai Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu. Ada juga kaca spion bagi Reborn sebesar Rp 70 ribu hingga Rp 100 ribu.

3. Torsi Melimpah

Bukan hanya soal bahan bakar, torsi besar juga menjadi alasan kenapa diesel lebih diunggulkan. Terlebih, bagi mereka yang setiap hari melewati medan cukup sulit dan bervariasi. Torsi besar di sisi lain bakal membuat mesin menjadi lebih bertenaga. Pun ketika pedal gas diinjak sedikit saja, maka mesin akan langsung memberi respons. Jenis ini cenderung lebih awet lantaran tak butuh RPM tinggi.

Biasanya perubahan mesin untuk dua generasi Innova kerap menimbulkan perbedaan dari segi kubikasi yaitu 2.5 liter menjadi 2.4 liter. Istimewanya lagi, performa mesin tak akan berkurang malah meningkat. Secara spesifik, mesin 2KD memiliki tenaga sebesar 101dk menggunakan torsi 200 Nm, sementara 2GD memiliki 177 dk dengan torsi 450 Nm. Semua kelebihan ini karena penggunaan Variable Nozzle Turbo (VNT) serta intercooler. VNT juga memungkinkan turbo mesin berputar dari atas dan bawah.

4. Harga Jual Kembali Selalu Stabil

Kelebihan terakhir adalah harga jual kembali yang selalu stabil. Tak heran, jika harga Innova diesel kerap lebih tinggi jika dibanding Innova bensin. Harga baru saja misalnya, selisih harga bisa sampai Rp 20 juta, sementara untuk bekas harganya kan semakin jatuh. Uniknya, rata-rata konsumen di Indonesia tak begitu mempersoalkan harga jual diesel yang lebih tinggi lantaran berharap besar pad kualitasnya. Yang paling penting bagi pengguna adalah kondisi mesin yang stabil.

Terlebih di bursa mobil bekas, dimana persentase angka penjualan mobil diesel selalu lebih tinggi jika dibandingkan dengan mesin bensin. Namun, bukan berarti bensin tak unggul. Tipe ini tetap memiliki kelebihan secara proporsional.

Untuk harga Innova terbaru, Anda bisa mendaptkannya melalui dealer dan bengkel resmi Toyota Astrido. Mobil kelas menengah ini juga menawarkan kredit Innova di kisaran harga 297 juta hingga 417 juta dengan tenor 26 bulan dan lima variasi harga.