5 Masjid Terindah di Jakarta yang Harus Anda Kunjungi

5 Masjid Terindah di Jakarta yang Harus Anda Kunjungi

Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar memiliki masjid yang sangat banyak dan indah, termasuk pula di ibu kota Jakarta. Kunjungilah beberapa masjid terindah di Jakarta berikut ini. Anda dapat merasakan kenyamanan beribadah terutama jika Anda datang sesuai dengan jadwal sholat Jakarta agar dapat singgah sembari menunaikan sholat.

1.      Masjid Istiqlal

Masjid yang terletak di Jakarta Pusat ini memiliki kapasitas 200.000 orang. Masjid ini merupakan masjid terbesar se-Asia Tenggara. Luasnya mencapai 95.000 m2, dengan struktur bangunan dan cakupan lahan luar masjid yang amat luas.

Masjid Istiqlal dibangun oleh arsitek Friedrich Silaban pada tahun 1961 dan selesai dibangun pada tahun 1978. Masjid diresmikan dan dibuka tepat pada peringatan 33 tahun kemerdekaan Indonesia. Ornamen, gaya geometris, dan interior rumah ibadah ini sangat cantik. Masjid ini pun dibuka untuk wisatawan Muslim maupun non-Muslim karena merupakan warisan budaya.

2.      Masjid Ramlie Mustofa

Masjid yang memiliki kemiripan visual seperti Taj Mahal ini beralamat di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Masjid ini dibangun oleh keluarga H. Ramli Rasidin dalam bentuk cintanya pada Allah. Masjid ini diresmikan pada Mei 2016 oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. Nasaruddin Umar.

Masjid ini berwarna putih dengan ornamen khas Timur Tengah yang memiliki banyak ukiran-ukiran unik. Masjid ini dihiasi kubah-kubah besar sehingga kesan elegannya sangat kental. Anda dapat berkunjung pada waktu maghrib atau isya sesuai jadwal sholat Jakarta supaya dapat menikmati keindahan lampu masjid saat malam hari.

3.      Masjid Baba Alun

Masjid yang satu ini masih berada di daerah Tanjung priok. Luas lahan masjid sebesar 1.500 m2 dengan arsitektur oriental. Masjid Baba Alun didirikan oleh seorang mualaf bernama Jusuf yang merupakan keturunan Tionghoa.

Akulturasi budaya Tionghoa menyatu dengan agama Islam. Adat China di bangunan masjid dapat tergambar dan dapat dikatakan sangat unik untuk sebuah masjid di daerah Jakarta. Warna dari masjid sendiri memiliki nuansa hijau bercampur merah.

4.      Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC)

Masjid yang biasa disebut JIC ini terletak di Koja, Jakarta Utara. JIC memiliki kemegahan bangunan serta dikelilingi kompleks pengembangan agama Islam. JIC dibangun di atas lahan yang dahulunya merupakan tempat prostitusi. Sejarah ini membuat keberadaan masjid dan kompleks perkembangan Islam di sekitarnya menjadi semakin menarik.

Kompleks di sekitar JIC menyediakan tempat untuk menjalani bisnis, kajian Islam, sarana pendidikan, dan wisma. Semuanya dijalankan dengan basis ilmu Islami. Selain itu, ada juga perkantoran dan convention hall untuk menunjang perkembangan kehidupan di dalam kompleks.

5.      Masjid Agung Al-Azhar

Masjid ini merupakan milik yayasan pendidikan Islam Al-Azhar dan teletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sekolah Al-Azhar sendiri memiliki akreditasi terbaik dalam hal wawasan. Masjid Agung Al-Azhar didominasi warna putih, memiliki arsitektur khas Timur Tengah sebagaimana Al-Azhar pusat dunia berada di Timur Tengah.

Luas masjid mencapai 43.756 m2 dan mampu menampung hingga ribuan jamaah sampai ke lapangan luas di depannya. Kini masjid ini menjadi salah satu pusat kegiatan pendidikan dan kegiatan sosial warga Jakarta. Bahkan tak jarang orang dari luar daerah datang untuk mencari ilmu.

Beberapa masjid di atas dapat menambah kekaguman akan kebesaran Allah SWT. Jangan lupa untuk sholat tepat waktu dimanapun Anda berada. Selalu cek jadwal sholat di Orami, web dengan penyajian waktu sholat yang akurat.